12 Macam Azab Bagi Orang Yang Meninggalkan Shalat Menurut Rasulullah SAW

by
Azab Orang yang meninggalkan sholat

Azab Orang yang meninggalkan sholat

Perintah dari Allah adalah mutlak adanya. Tidak ada satu orangpun yang bisa merubah perintah dan ketentuan yang telah digariskan oleh Allah SWT. Itu sebabnya, anda sebagai umat muslim diharuskan untuk menjalankan segala hal yang telah diperintahkan oleh Allah SWT, juga meninggalkan apa-apa saja yang telah diharamkan.

Salah satu perintah paling utama dan harus dilakukan  oleh setiap Muslim tanpa terkecuali ialah shalat. Amalan yang juga berupa tiang dari agama ini harus anda lakukan setidaknya lima kali dalam satu hari, dan bisa ditambahkan dengan shalat-shalat sunat. Atau jika anda tidak melakukannya maka azab dari Allah akan segera didatangkan  untuk diri anda.

Namun sayangnya, meskipun sudah diperintahkan dengan cukup jelas mengenai kewajiban atas shalat ini, masih ada sebagian muslim yang masih merasa enggan untuk melaksanakannya. Untuk menyelamatkan umatnya dari azab yang sangat pedih, maka Rasulullah menjelaskan azab apa saja yang akan diberikan jika seorang muslim masih meninggalkan shalat, dengan harapan tidak ada lagi Muslim yang meninggalkan shalat dengan sengaja.

Menurut Rasulullah, azab-azab yang akan diberikan kepada mereka yang tidak menjalankan shalat wajib ialah sebagai berikut.

1. Azab atau bahaya yang akan dirasakan ketika masih hidup di dunia

Sebagian muslim mungkin berpikir bahwa azab kebanyakan diberikan untuk orang-orang yang sudah mati saja. Namun sebenarnya azab ini akan  diberikan kapanpun Allah menginginkannya. Tidak terkecuali untuk orang-orang yang dengan sengaja meninggalkan shalat.Azab yang akan diberikan ketika masih hidup ialah

  1. Hal pertama ialah seorang muslim yang tidak shalatakan dijauhi oleh orang-orang yang beriman. Bukankah sudah sangat wajar jika orang-orang yang baik berada dilingkungan yang baik, dan begitu juga sebaliknya?
  2. Azab kedua yang sering sekali dialami oleh muslim yang tidak melaksanakan shalat ialah hilangnya rezeki dan berkah dari setiap usaha yang dilakukannya. Hal ini sering kali membuat orang-orang putus asa dan menyalahkan Allah karena sudah bekerja cukup keras namun hasilnya tidak pernah mencukupi, padahal dirinya sendirilahyangkurang bersyukur kepada Allah SWT.
  3. Azab ketiga berupa dicabutnya nur (cahaya) orang-orang mukmin atas dirinya. Hal ini juga akan membuat siapa saja merasa hidupnya tidak tenang dan bahagia. Ntah apapun yang sedang atau akan mereka lakukan, mereka akan sering merasa gelisah dan seperti sulit untuk menyelesaikan setiap perkara yang sedang dihadapinya.

2. Azab atau bahaya yang akan dirasakan ketika hendak mati

Proses sakaratul maut dikatakan sebagai suatu proses yang menegangkan dan juga menakutkan. Namun, proses ini akan menjadi lebih mudah jika seseorang yang akan dicabut nyawanya merupakan orang yang memiliki tingkat keimanan yang baik, berbeda dengan mereka yang semasa hidupnya jarang melaksanakan shalat. Beberapa bahaya yang akan dirasakan orang yang tidak shalat ketika akan mati ialah

  1. Hal pertama yang akan dirasakan seorang muslim yang tidak mengerjakan shalat ketika akan  dicabut ruhnya ialah rasa haus yang teramat sangat. Bahkan ia akan terus merasa haus meskipun sudah minum sebanyak air laut. Ia akan menjadi sangat gelisah dan menyalahkan siapa saja yang ada didekatnya sambil terus meminta minum.
  2. Ketika ruhnya dicabut, seorang muslim yang meninggalkan shalat juga akan merasa kepedihan yang teramat sangat. Saking pedihnya, ia tidak bisa lagi menggambarkan kepedihan tersebut. Bagi orang-orang yang mengerti, biasanya bisa melihat tandanya dengan  cara meninggalnya yang terlihat tersiksa.
  3. Bahaya atau azab yang juga akan dirasakan ialah rasa gelisah atau risau bahwa ia akan kehilangan imannya. Hal ini semata-semata karena selama ini ia tidak melaksanakan shalat sehingga merasa tidak memiliki apapun.

3. Azab atau bahaya yang akan dirasakan ketika berada dialam kubur

Setelah proses pencabutan ruh selesai, bukan berarti bahaya atau azab bagi mereka sudah berakhir begitu saja. Malahan, azab ini akan semakin pedih ketika berada didalam kubur. Para muslim yang ingkar dan tidak melaksanakan shalat selama hidupnya ialah muslim yang paling merugi, dan akan merasakan azab berupa

  1. Kubur seorang muslim yang tidak menjalankan shalat akan menjadi gelap dan sempit. Semakin lama, tempat ini akan menjadi semakin gelap saja. Sehingga siapa saja yang ada didalamnya akan merasa sangat menyesal dan ingin hidup kembali untuk selalu menjalankan shalat wajib dan sunat.
  2. Bahaya selanjutnya berupa kesulitan untuk menjawab pertanyaan malaikat. Seperti yang anda tahu, Allah telah menyediakan malaikat yang bertugas untuk menanyai apa saja yang anda lakukan didunia, dan anda akan merasa sangat kesulitan untuk menjawabnya, sehingga akan mendapatkan penyiksaan atas setiap pertanyaan yang diberikan.
  3. Dan hal paling menyedihkan yang akan dirasakan seorang muslim yang tidak shalat didalam kubur ialah tulangnya akan dihimpit oleh kuburnya sendiri. Semua tulang rusuknya akan bersatu, dan bisa dibayangkan betapa pedih dan menyiksanya azab yang satu ini.

4.  Azab atau bahaya yang akan dirasakan ketika hari kiamat

Dan kini sampailah pada hari penentuan, di mana setiap orang akan mendapatkan keputusan dan balasan atas amalan apa saja yang sudah dilakukan di masa hidupnya dahulu. Untuk muslim yang taat dan tidak pernah melanggar perintah Allah SWT, saat ini merupakan saat yang paling ditunggu-tunggu. Berbeda dengan umat yang ingkar dan lebih sering melakukanapa saja yang sudah diharamkan oleh Allah SWT. Bahaya yang akan dirasakan oleh mereka yang tidak melaksanakan shalat ialah sebagai berikut.

  1. Allah menjadi sangat murka kepadanya. Dimarahi oleh orang tua atau atasan kerja saja tentu sudah sangat tidak mengenakan bagi anda. Lalu, bagaimana jika pencipta dan pemilik hiduplah yang murka pada anda? Anda akan merasa sangat takut, gelisah dan lainnya. Hingga hanya menunggu azab dan penyiksaan lainnya datang dengan penyesalan atas apa saja yang anda lakukan selama masih hidup.
  2. Azab berikutnya akan dirasakan ketika seorang muslim yang meninggalkan shalat sedang dihisab setiap amalannya. Ketika dihisab, hisab ke atasnya akan menjadi sangat berat, sehingga satu-satunya balasan yang akan didapatkan ialah pusatnya penyiksaan, neraka jahannam.
  3. Dan yang terakhir dan paling mengerikan ialah siksaan api neraka. Mereka yang meninggalkan shalat dengan alasan apapun akan dimasukkan ke dalam api neraka oleh Allah SWT. Di sinilah setiap penyiksaan yang paling pedih, menyiksa dan belum pernah dibayangkan sebelumnya diberikan. Setiap orang hanya bisa berteriak meminta pengampunan dan diberi kesempatan untuk bisa hidup kembali dan melaksanakan shalat. Namun sekali lagi, Allah tidak akan  mencabut semua penyiksaan itu.

Itulah dua belas azab dan bahaya yang akan dirasakan orang-orang yang tidak melaksanakan shalat. Shalat bukanlah hal yang berat untuk dilaksanakan, maka utamakanlah shalat anda semu kebaikan dan kemudahan hidup anda sendiri. Jangan pernah melupakan bahwa sekali saja anda meninggalkan shalat, maka anda telah mendekatkan diri anda dengan siksa api neraka. Karena sesungguhnya Allah sangat mencintai hamba-Nya yang taat dan melaksanakan shalat.