3 Kisah Refleksi Sebuah Doa Ini Akan Membuat Anda Terheran-Heran

by
Kisah Refleksi Sebuah Doa

Kisah Refleksi Sebuah Doa

Do’a adalah sebuah permintaan yang dipanjatkan kepada Allah S.W.T. Dalam mengucapkan do’a tentunya ada adab yang harus dijalankan, agar do’a tersebut cepat terkabul. Salah satunya adalah do’a yang baik-baik entah itu untuk sendiri ataupun untuk orang lain.

Mendo’akan yang jelek-jelek kepada orang lain, maka hukumnya tidak diperbolehkan dan bahkan do’a tersebut akan kembali ke orang yang memanjatkan do’a tersebut. Itulah yang dimaksud dengan refleksi sebuah do’a.

Untuk itu hati-hatilah dengan lisan Anda, jangan sampai terucap do’a yang tidak baik untuk orang lain. Karena sejatinya refleksi sebuah do’a itu benar-benar terjadi di dalam kehidupan. Seseorang yang mendo’akan kebaikan kepada orang lain, maka Allah akan memberikan kebaikan tersebut kepada dirinya sendiri barulah kemudian orang lain tersebut akan mendapatkan kebaikan.

Agar Anda lebih yakin lagi akan adanya refleksi sebuah do’a di dalam kehidupan Anda, berikut adalah kisah-kisah nyata yang berkaitan dengan refleksi dari do’a.

1. Kisah seorang ibu yang melihat seorang anak menderita sakit kulit

Suatu hari ada seorang ibu yang melihat anak kecil sedang merintih kesakitan karena penyakit kulit yang dideritanya. Sang ibu pun merasa prihatin hingga terlintas dibenaknya “Anakku dalam keadaan sehat dan tidak tertimpa penyakit kulit seperti anak itu”

Tak selang berapa lama, anak dari sanga ibu yang awalnya sehat wal afiat menjadi menderita penyakit kulit sebagaimana yang diderita oleh anak yang dilihatnya tempo hari.

Dari kisah yang dialami ibu tersebut, bisa disimpulkan bahwa musibah dapat datang kapan saja dan menimpa siapa saja.untuk itu jangan merasa aman dan merasa percaya diri jika Allah sedang memberikan suatu kebahagiaan, sehingga manusia sering lupa untuk bersyukur kepada Tuhannya.

Baca: 9 Amalan dan Dzikir Penghapus Dosa Dalam Islam

2.      Cerita tentang membuang sampah sembarangan

Suatu ketika seorang bu melihat tetangganya sedang membuang sampah sembarangan dan sempat berpikir negative dengan mengucapkan hal buruk di dalam batinnya “ buang sampah kok tidak pada tempatnya” lalu batinnya berkata lagi “ mungkin saja ia sedang lelah sampai-sampai tidak konsentrasi atau sedang ditimpa banyak masalah.”

Beberapa menit kemudian sang anak yang sedang enak menikmati es krim, tiba-tiba es krimnya berjatuhan dan esnya berceceran kemana-mana, sama persisi seperti sang tetangga saat membuang sampahnya.

Jika dilihat dari kasus tersebut, betapa refleksi sebuah do’a benar-benar terjadi, padahal itu hanya terlintas di dalam hati dan tidak terucap oleh mulut.Sungguh Allah Maha Kuasa atas segala-galanya.

Baca: 7 Orang Yang Tidak Bisa Masuk Surga. Hati-hati Dengan No. 3

3.      Kisah seorang pengendara motor yang tak memakai kaos kaki

Suatu saat ada seorang pengendara motor perempuan yang melintas di hadapan seorang ibu. Pengendara motor tersebut tidak memakai kaos kaki padahal pakaiannya begitu muslimah dan syar’i.

“Pergi keluar rumah kok nggak pakai kaos kaki!” itulah kata yang terucap oleh ibu di dalam hati. Tak lama berselang, sang anak meminta dan merengek kepada ibunya untuk dibelikan jajan yang kebetulan warungnya terletak jauh dari rumahnya.

Seketika itu sang ibu yang terburu-buru karena anaknya menangis, akhirnya membawa  anaknya dan mengendarai sepeda motor dengan tanpa kaos kaki. Sungguh kejadian yang sangat mirip.

Masih banyak lagi kisah-kisah tentang refleksi dari do’a. Untuk itu, tetaplah berpikir positif, karena sebuah do’a jelek kepada orang lain yang terlintas di benak pun dapat menimpa diri sendiri.

Baca: 6 Poin Luar Biasa Nasehat Dari Imam Al Ghazali Yang Sering Kita Abaikan

Semoga informasi mengenai refleksi sebuah do’a tadi dapat menjadi pembelajaran bagi Anda. Hindarilah pikiran negatif dengan selalu mengingat nama-nama Allah S.W.T dan jagalah lisan Anda agar tak terucap do’a-do’a yang buruk.