Punya Teman Wanita Tidak Berjilbab? Kembangkan 4 Jurus Ini Untuk Membuatmu Dikagumi

by

sikap-terbaik-seorang-muslimah-saat-bergaul-dengan-rekan

Sebagai seorang muslimah harus menjaga pergaulannya dengan teman-teman baik lawan jenis maupun dengan sesama perempuan. Perkataan dan sikap harus senantiasa dijaga agar mencerminkan seorang muslimah yang baik akhlaqnya.

Ketika bergaul dengan rekan-rekan yang tidak memakai jilbab, sebaiknya apa yang harus dilakukan? Itu mungkin yang terlintas dibenak Anda. Wanita muslimah harus lemah lembut terhadap siapapun termasuk juga terhadap wanita lain yang tidak berjilbab.

Di dalam agama Islam tidak diajarkan untuk saling menggunjing ataupun menyakiti hati orang lain. Untuk itu sebaiknya Anda mempelajari sikap yang baik saat menghadapi teman-teman yang tidak berjilbab berikut ini agar terhindar dari perbuatan-perbuatan buruk.

 

Empat Sikap Terbaik Seorang Muslimah Saat Bergaul Dengan Rekan Wanita Yang Tidak Berjilbab Ini Patut Untuk Anda Tiru

1.      Tidak mendominasi pembicaraan

Wanita identik dengan banyak bicaranya. Untuk itu saat bergaul dengan wanita lain yang tidak memakai jilbab, hendaknya menjaga ucapaannya dan memberikan kesempatan orang lain untuk berbicara.

Jika dalam suatu forum Anda sedang berkumpul dengan wanita yang berjilbab dan seketika ada wanita tak berjilbab yang ingin gabung dengan Anda, persilahkanlah dan berilah senyuman yang hangat agar pertemanan Anda tetap terjaga.

Bukankah sebagai umat muslim diajarkan untuk selalu bersikap baik terhadap sesama manusia? Untuk bersikap baik ini tidak perlu pilih-pilih, karena sejatinya semua manusia dihadapan Allah itu sama yang membedakan hanyalah iman dan ketaqwaan. Iman dan ketaqwaan seseorang tidak dapat diukur oleh manusia.

2.      Memberi senyuman yang ramah dan mengucapkan salam

Senyum adalah ibadah, begitulah pepatah mengatakan. Selain dapat menentramkan jiwa, dengan senyuman dapat membuat orang lain menjadi bahagia. Dengan teman-teman yang tak memakai jilbab sekalipun, Anda harus senantiasa melemparkan senyum, agar mereka terkesima melihat Anda.

Selain senyum, salam juga sangat penting. Salam, memang sangat sederhana dan mudah diucapkan, namun siapa sangka bahwa di setiap salam yang diucapkan terkandung do’a yang baik. Semakin banyak mengucapkan salam berarti semakin banyak pula do’a yang dipanjatkan kepada Allah S.W.T.

Baca: 9 Etika Yang Wajib Dilakukan Saat Anda Jadi Orang Kaya Menurut Imam Ghazali

Memberikan senyuman dan salam juga akan menebarkan kedamaian. Misalnya saja jika ada orang yang membenci Anda dan dibalas dengan senyuman serta ucapan salam, pasti orang tersebut akan merasa malu dan sadar bahwa perbuatannya adalah salah. Dengan segera orang tersebut akan meminta maaf dengan Anda. Perbuatan yang jahat seharusnya dibalas dengan perbuatan yang baik agar tidak menimbulkan perkelahian.

3.      Menolak ajakan yang tidak bermanfaat dengan ramah

Ketika diajak oleh rekan yang tidak berjilbab untuk kegiatan yang tidak bermanfaat, Anda pun harus menolaknya dengan ramah dan lemah lembut. Meskipun Anda tidak suka dengan ajakan tersebut, jangan sampai membuatnya tersinggung dengan perkataan Anda.

4.      Memberikan nasehat tanpa menggurui

Menasehati sesama manusia merupakan perbuatan yang terpuji dan tidak dilarang oleh Allah S.W.T. Jika seorang teman yang tidak berjibab menghampiri Anda dan mencurahkan segala masalahnya kepada Anda, rangkulah dan berikanlah masukan-masukan yang terbaik kepadanya.

Memberikan nasehat kepada seseorang memang harus berhati-hati agar yang dinasehati merasa senang dan tidak merasa digurui. Dari perbincangan yang dilakukan secara terus menerus dengan teman Anda yang tidak memakai jilbab, maka teman Anda akan semakin nyaman berada di dekat Anda.

Kenyamanan ini sebaiknya Anda manfaatkan untuk memberikan sedikit demi sedikit tentang ajaran Islam supaya teman tersebut bisa dibukakan pintu hatinya untuk segera memakai jilbab.

Baca: 7 Adab Pelajar/Mahasiswa/Santri Dalam Menuntut Ilmu Menurut Imam Al Ghazali

Demikianlah informasi mengenai sikap yang terbaik dalam bergaul dengan wanita yang tidak berjilbab.Semoga Anda dapat memetik pelajaran dari informasi yang disampaikan tadi dan teruslah bermanfaat bagi sesama manusia.